8 CARA MENGATASI ANAK YANG SUKA MENGEJEK




Sahabat guru kali ini saya akan share bagaimana menghadapi salah satu perilaku negatif yang kerap kita dapati dalam situasi pembelajaran di kelas, mengejek adalah salah satu perilaku yang kadang dapat menimbulkan perselisihan antar siswa tidak jarang berakhir dengan perekalahian nah jika sahabat guru pernah menghadapi masalah seperti ini, bisa di share di blog bagaimana cara menghadapi atau mencegah salah satu perilaku negatif ini.

Berikut cara menghadapi anak yang suka menegejek yang saya dapat dari pengalaman saya dan beberapa sahabat guru 

  1. Bicaralah empat mata dengan siswa bersangkutan di tempat yang terpisah dari teman-temannya, 
  2. Telusuri penyebab siswa yang bersangkutan sangat senang mengejek teman-temannya, catatlah sebagai bahan anda untuk memberikan nasehat.
  3. Mintalah bantuan kepada guru agama atau BK untuk memberikan pengertian kepada siswa yang bersangkutan tentang buruknya menghina dan mengejek orang lain.
  4. Temui orang tuanya lalu sampaikan kondisi siswa anda serta mengkonfirmasi alasan siswa anda mengejek orang lain. Jika perlu tanyakan perihal komunikasi orangtua dengan anaknya.
  5. Gunakanlah bahasa yang tegas tapi tidak sampai menyakiti hatinya , tentang konsekuensi yang akan diterimanya apabila melakukan perbuatan yang sama kedua kalinya.
  6. Menyuruh siswa yang bersangkutan meminta maaf kepada temannya yang telah dia ejek.
  7. Berikan perhatian khusus kepada siswa yang bersangkutan dekatkan posisi duduknya dengan anda.
  8. Mintalah bantuan kepada Guru BK untuk mendampingi siswa yang bersangkutan untuk mengawasi perubahan sikap yang terjadi pasca pertemuan dengan orang tuanya.
Nah sahabat guru mudah-mudahan 8 tips di atas dapat bermanfaat, mohon saran dan kritikannya

Terima Kasih

1 Response to "8 CARA MENGATASI ANAK YANG SUKA MENGEJEK "