8 CARA MENATA RUANGAN KELAS YANG MENYENANGKAN

Sahabat guru dimana saja anda berada dalam kesempatan kali ini saya akan share 8 cara menata ruangan kelas yang menyenangkan, agar suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan kondusif, cara-cara dibawah dapat anda terapkan pada semua kondisi ruangan tinggal menyesuaikan antara jumlah murid dan lebar ruangan, berikut langkah-langkahnya :
 
 
 
  1. Tatalah ruangan anda sesuai dengan tema yang sedang dilaksanakan, tempelkan gambar-gambar yang memberikan informasi materi yang diajarkan sesuai dengan tema yang sedang diterapkan. Berilah warna yang menarik dan siapkan softboard untuk menempelkan karya siswa.
  2. Susunlah bangku dan meja siswa sesuai dengan kebutuhan pembelajaran jika perlu ubahlah posisi meja dan bangku setiap pekan agar siswa tidak merasa jenuh.
  3. Siapkan tikar atau kerpet jika sewaktu-waktu di perlukan sesuai dengan materi pembelajaran saat itu, kebetulan di kelas saya anak-anak tidak memakai sepetu didalam kelas sehingga karpet dapat saya pasang permanen, namun jika kondisi di sekolah anda sulit, cukup anda pasang pada waktu-waktu tertentu.
  4. Siapkan sumber penerangan yang cukup jika sewaktu-waktu lampu padam anda harus yakin siswa masih mendapatkan cahaya yang cukup untuk belajar.
  5. Jika anda memiliki perpustakaan mini di kelas , yakinkan akses siswa untuk menggunakannya tidak sulit atau terhalang.
  6. Buatlah papan informasi mengenai tata tertib dalam kelas dan letakkan pada tempat yang mudah di baca oleh siswa.
  7. Aturlah meja agar agar tidak menghalangi akses anak untuk bergerak sebaiknya sesuaikan jumlah meja dengan lebar ruangan.
  8. Jika memungkinkan siapkan penyimpanan air minum seperti dispenser agar anak dapat minum tanpa harus meninggalkan ruangan.
Sahabat guru demikianlah 8 cara menata ruangan kelas yang menyenangkan jika ada saran dan masukan silahkan berikan komentar.

Terima Kasih

0 Response to " 8 CARA MENATA RUANGAN KELAS YANG MENYENANGKAN"

Posting Komentar